Keluarga

Kini diusia 54 tahun, paman kembali ke Indonesia bersama keluarganya untuk jalan-jalan. Memang sudah lama direncanakan kepulangannya ke kampung halamannya. Tujuan utamanya adalah bertemu dengan saudaranya di Indonesia dan pertemuan saudara sepupu istrinya. Begitu kental rasa persaudaraan yang mereka tunjukkan.

Tepatnya tanggal 20 April 2017, kami menjemput mereka di bandara Soekarno Hatta. Pesawat mendarat jam 21:15, namun seperti biasa menunggu bagasi sudah menjadi keharusan. Sekitar jam 22:15 mereka baru keluar. Selain menunggu bagasi, ternyata ada hal lain yang membuat mereka lama. Bagian imigrasi sempat menahan mereka, diinfokan mereka harus membayar beberapa biaya seperti visa tambahan. Karena melihat kelahiran paman di Indonesia, paman diloloskan. 4 lainnya yang bukan kelahiran tanah air ini diloloskan juga karena merupakan rombongan paman. Saya tidak begitu mengerti peraturan imigrasi apa yang dihadangkan tersebut.

Saudara sepupu istri paman yang datang dari Kediri juga menyempatkan untuk bertemu di bandara. Mereka tidak pernah bertemu sekalipun namun air mata tetap tidak terbendung. Perbincangan dilanjutkan di rumah sampai tengah malam. Bahasa bukanlah penghambat perbincangan mereka, menggunakan bahasa Jawa, Mandarin dan sedikit bahasa Indonesia. Sesekali perlu bantuan google translate. Jadi walaupun kelahiran di China yang masih keturunan Indonesia di sana mereka masih bergaul menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa daerah misalnya Jawa.

Urusan lidah dan selera makannya juga masih versi Indonesia. Terakhir ketika kami berkunjung kesana, kami membawa rempah-rempah seperti lada, kemiri, asam, daun salam dan bumbu rendang. Dan tentunya tidak ketinggalan 2 makanan asli Indonesia yang wanginya bisa memenuhi seantero rumah, taraaa.. si itam manis jengkol dan ande petai ijo. Jadi ketika mereka disini, oleh-oleh untuk di bawa pulang juga ga jauh dari bahan makanan itu. Namun perlu diperhatikan cara packingnya ya supaya bisa lolos di bandara China.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s