Pulau Dewata

Bali Utara merupakan surganya air terjun, selain lumba-lumba di Pantai Lovina yang ikonik. Cukup lama saya berkutat dengan om Google mencari tahu keberadaan 7 air terjun yang ada di desa Sambangan. Sepertinya hampir mirip-mirip air terjunnya, akhirnya saya menanyakan ke salah satu staff hotel tempat kami menginap di daerah Pantai Lovina. Mereka menyarankan untuk ke desa Ambengan saja.

Navigasi ditujukan ke desa Ambengan dan seperti biasanya kami akan membungkus nasi untuk makan siang di daerah air terjun (jangan lupa bawa pulang kembali sampahnya dan jangan mencemari airnya!). Jalan mulai mengecil dan terlihat beberapa plang nama air terjun. Kami sedikit ragu untuk memutuskan akan ke air terjun mana dulu, namun kami putuskan untuk ke Puncak Sari terlebih dahulu. Mobil diparkir di salah satu rumah warga dan tidak ada pos tiket masuk. Tidak berapa lama kami jalan, ada seorang ibu yang memanggil kami dan menanyakan tujuan kami, dia langsung mengeluarkan 4 tiket masuk dengan harga 10 ribu per tiket.

Trekking tidak sampai 10 menit, terdengar derasan air dan waktunya mencari spot untuk makan siang sambil menatap aliran air terjun yang masih asri itu. Sungguh nikmat rasanya dapat makan siang bersama keluarga di keasrian alam. Bermain air dan bersantai sambil menikmati sejuknya air terjun ini sudah cukup buat kami, tidak perlu buru-buru untuk ke air terjun berikutnya. Tidak jauh dari Taman Sari ini terdapat air terjun Aling-Aling yang dapat ditempuh kurang lebih 30 menit. Namun karena tidak cukup waktu, kami memutuskan untuk berjalan santai balik untuk ke destinasi berikutnya.

Terkadang kita perlu bersyukur dan berdiam sesaat untuk menikmati apa yang ada saat ini, tidak terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu.

– Satu detik penuh arti akan lebih baik daripada satu hari yg tersia-siakan (A wasted day is worth less than a meaningful second) – Jing Si aphorism by Master Cheng Yen


Repost from my Instagram on Jan 8, 2017.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s