Kata Mutiara

Perjalanan pulang dari Air Terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek yang misterius pagi itu begitu menguras tenaga dikarenakan jalan ke air terjun tersebut sangat rusak dan sedikit berlumpur karena semalaman hujan. Bagaimana tidak, menuntun teman perjalanan kami, si robot besi dan beroda dua yang bobotnya jauh lebih berat dibanding saya, melewati jalan licin tersebut, mendorong dan sedikit mengangkatnya. Untung saja dia tidak tergelincir dan masih kuat. Sarapan pagi itu yang cukup mengenyangkan pun ikut terkuras habis dalam waktu 2 jam.

Kami pun mencari makanan untuk mengisi perut sebelum lanjut ke destinasi berikutnya. Indahnya desa Sembalun pagi itu namun tidak berapa lama mulai rintik-rintik. Akhirnya ketemu warung makan yang sangat sederhana namun sangat kaya rasa dan motivasi di balik sosok sang koki sekaligus bos warung makanan tersebut.

Bu Dewi namanya. Beliau membuka warung makan, perlengkapan sehari-hari dan trekking di desa Sembalun belum lama ini, sepertinya belum 2 tahun. Beliau tinggal dengan keponakannya, suami tercinta masih bekerja di luar negeri, kedua anaknya sudah berkeluarga dan yang paling kecil akan melanjutkan studi S2 di luar negeri.

Beliau asli dari Jawa dan memilih menjalani masa tuanya di desa ini yang begitu indah, damai dan sejuk. Walaupun ketiga anaknya cukup sukses dan usahanya jual beli tanah cukup lancar, beliau tetap rendah hati. Semuanya beliau jalani dengan berpedoman hanya dengan tiga kata yang sangat sederhana yaitu

Jujur, Disiplin dan Tanggung Jawab.

Tiga kata itulah yang beliau ajarkan kepada kami juga. Tiga kata yang cukup sederhana namun cukup sulit bagiku untuk dipraktekkan.

Terima kasih bu Dewi!


Repost from my Instagram on Jan 7, 2017.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s